Wisata Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Menjadi bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo menawarkan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Dalam hal nama, misalnya, "Kulon" berarti barat sedangkan "Progo" berarti Sungai Progo. Lokasinya memang di bagian barat sungai yang terkenal itu. Wisata Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Ketika datang ke pariwisata, wilayah ini dikenal dengan dataran tinggi. Ini adalah sebagian besar wisatawan mengunjunginya untuk trekking, eksplorasi, relaksasi, jalan-jalan, dan fotografi. Terlepas dari kenyataan, Kulon Progo menawarkan beberapa pantai yang indah untuk dikunjungi wisatawan selama liburan! Belum lagi semua orang bisa menikmati beberapa makanan enak dan camilan di sana.

Nuansa


Mungkin beberapa wisatawan belum mendengar tentang Kabupaten Kulon Progo. Namun, mereka tidak akan menolak tawaran untuk mengunjungi wilayah itu nanti. Itu karena Kulon Progo memiliki tujuan liburan yang lengkap termasuk wisata alam dan area rekreasi. Itu berarti wisatawan dapat menemukan dataran tinggi, air terjun, pantai, dan banyak lagi! Belum lagi nuansanya terasa menenangkan karena kesuburan tanah dan pepohonan yang rimbun yang menutupi hampir seluruh wilayah. Sebagai informasi, wilayah ini terletak pada ketinggian sekitar 500 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Wisatawan juga dapat menemukan situs konservasi flora dan fauna di sana!

Menjelajahi Kabupaten Kulon Progo


Biasanya, wisatawan akan sampai ke barat laut wilayah tempat tinggal Bukit Menoreh. Tujuannya untuk melakukan trekking dan mencapai Puncak Suroloyo! Bagi mereka yang tidak suka trekking, mereka memilih bagian selatan Kulon Progo sebagai gantinya. Mengapa demikian? Beberapa pantai indah terletak di sana, termasuk Glagah, Trisik, dan Pantai Congot. Keindahan dan nuansa pantai-pantai ini akan memuaskan semua pengunjung. Wisatawan dapat menikmati tamasya, fotografi, dan berenang di sana!

Daya pikat berikutnya di Kabupaten Kulon Progo memang terkait dengan kuliner. Banyak makanan dan camilan lokal tersedia bagi wisatawan untuk dicoba selama kunjungan. Ini termasuk Geblek, Growol, Peyek Undur-Undur, dan Tempe Benguk. Tidak hanya makanan ini rasanya enak, tetapi mereka juga memiliki beberapa manfaat kesehatan! Tidak heran, penduduk setempat memakannya hampir setiap hari. Bagi wisatawan, makanan dan camilan ini menjadi suvenir terbaik sebelum pulang! Jangan khawatir. Harganya pun cukup terjangkau. Turis bahkan bisa mendapatkan diskon dan harga lebih murah jika mereka pandai menawar.

Apa yang lebih? Wisatawan juga perlu mengunjungi kawasan industri Sentolo yang terkenal baik untuk berbelanja atau menonton kegiatan yang sibuk di daerah itu. Namun, disarankan untuk menyewa pemandu lokal yang dapat menunjukkan arah dan memberikan informasi menyeluruh terkait dengan situs. Bahkan, biaya layanan bisa dinegosiasikan. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir dengan anggaran.

Tempat Wisata Terdekat


Sendang Mata Air Clereng
Lapangan Sambiroto
Bendungan Banyu Roto
Gua Lanang
Bagaimana menuju ke sana

Dianggap mudah untuk mencapai Kabupaten Kulon Progo selama mereka menemukan transportasi yang tepat. Bagi mereka yang datang dari Kota Jakarta, dalam hal ini, mereka harus pergi ke Kota Yogyakarta terlebih dahulu dengan pesawat terbang. Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta ke Bandara Internasional Adisucipto akan memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Setelah tiba di tujuan, wisatawan harus menemukan layanan transportasi lokal yang dapat diandalkan dan langsung pergi ke Kabupaten Kulon Progo. Rute terbaik adalah Yogyakarta - Jalan Wates dan jaraknya 36,7 km. Itu artinya perjalanan bisa memakan waktu sekitar 57 menit.